Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kayu Manis untuk Dia yang Manis-manis

Bahan makanan ini namanya ada kata manisnya, memang manis rasanya namun gak sebegitu manis juga jika dibandingkan dengan gula. Dalam kayu manis terdapat kandungan zat kimia yang dinamakan dengan ‘kumarin’. Zat itu lah yang membuat rasa bahan bumbu makanan ini ada manis-manisnya.

Photo by Pixabay

Tahu gak kalian bahwa negara produsen kayu manis terbesar di dunia adalah negeri kita yang tercinta, Indonesia Raya. Menurut BPS pada tahun 2021 produksi kayu manis indonesia sebesar 77,40 ribu Ton. Wajar lah, kita tahu sendiri sesubur apa tanah air kita ini. Negara lain yang memproduksi kayu manis adalah China, Vietnam, Srilanka, India dan lain sebagainya.

Kayu manis didapat dari kulit pohon kayu manis yang dikuliti kemudian dipotong-potong. Bisa juga dilembutkan sampai halus dengan digiling. Bentuknya tergantung kebutuhan. Yang hanya dipotong-potong biasanya untuk bumbu makanan atau minuman biasa, yang halus biasanya untuk makanan dan minuman juga namun yang dalam pengolahannya diblending dengan bahan lainnya yang halus, misalnya roti, kue, minuman bubuk instan, minuman yang lembut-lembut.

Selain rasa manis yang khas, bahan makanan ini juga memberikan aroma yang enak dihirup. Makanya jika dicampurkan dalam makanan atau minuman sangat membuat sedap aromanya. Bahan makanan inilah salah satunya alasan kenapa bangsa portugis mengitari dunia, melewati samudera atlantik, sampai Amerika, lanjut samudera Pasifik hingga sampai ke Indonesia. 

Tuah rempah ini sangat banyak lho, apalagi untuk kesehatan. Kayu manis memiliki sifat anti inflamasi atau anti radang, anti mikroba, anti oksidan, pengatur gula darah dan sangat baik untuk jantung. Jadi sering-sering mengonsumsi rempah yang bertuah ini, insyaallah badan menjadi lebih sehat, dengan catatan penggunaannya yang sewajarnya saja. Segala hal walaupun itu berguna namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan tidak baik juga.

Saya biasanya mengenali efek rasa kayu manis ketika jajan makanan Soto. Manisnya sudah gak begitu terasa sama sekali karena kuah soto yang gurih asin, namun aroma sedep dan agak pedesnya ciri khas kayu manis banget. Mungkin hal itu juga yang dirasakan banyak orang-orang hingga makanan Soto menjadi salah satu makanan favorit juga di Indonesia ini.


Posting Komentar untuk " Kayu Manis untuk Dia yang Manis-manis"