Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Golden Garlic Memang Seistimewa Itu Lohhh

Selamat pagi semua good people, apakabar? Kali ini kita akan membahas mengenai golden garlic. Saya yakin banyak di antara kita pernah ketika sedang berkutat di dapur, mengupas bawang putih tiba-tiba menemukan bawang yang warnanya berbeda dengan bawang putih yang biasa. 

Mungkin sesekali kita dapati bawang putihnya kempes, atau hitam berjamur, atau apalah. Nah, pasti sesekali kalian dapati bawang putih yang berwarna kuning semi transparan dan lebih empuk. Seperti bawang putih yang beneran mateng. Itulah yang kita sebut dengan golden garlic, seperti ilustrasi di bawah ini.

Orang-orang menyebutnya dengan golden garlic. Beberapa waktu yang lalu golden garlic ini juga viral di media sosial. Saya juga sempat menemukannya beberapa kali ketika di dapur. Bentuknya sama seperti garlic biasa, namun lebih empuk. Warnanya kuning menuju transparan, tetapi ya tidak transparan juga. Baunya tidak semenyengat garlic biasa, pun juga rasanya lebih menuju garlic yang matang.

Kenapa bisa terjadi golden garlic?

Tidak ada penjelasan yang utuh dan spesifik mengenai hal itu jika kita mencari informasi di dunia maya. Yang pasti telah terjadi proses pematangan alami terhadap garlic yang ada itu. Pematangan alami bisa terjadi ketika bawang putih masih di dalam tanah (pra-panen) ataupun setelah kita cabut dari kebun (pasca-panen). 

Yang jelas terjadi pemanasan atau penghangatan alami pada bawang putih tersebut, sehingga terjadi kenaikan suhu yang membuat proses pematangan atau pemasakan terjadi. Ketika proses itu berjalan, maka komponen esensial dalam bawang yang bertitik didih rendah akan menguap, dan secara alami bawang putih seperti dioven. Lambat laun jadi lah golden garlic yang memiliki rasa yang lebih gurih.

Garlic Confit

Golden garlic ini adalah garlic yang setengah jadi ketika kita membuat garlic confit, makanan dari bawang putih yang biasa dibuat oleh orang barat. Garlic confit biasa dibuat juga ketika ingin menyimpan garlic untuk jangka waktu yang lebih lama. Garlic confit dibuat dengan cara merendam bawang putih pada minyak, biasanya minyak zaitun, kamudian dipanaskan sampai matang. Bisa dipanaskan dengan dioven atau dimasukkan ke plastik kemudian direbus, seperti contoh video di bawah.


Seperti itulah golden garlic. Banyak orang bilang menemukan golden garlic ini seperti menemukan emas betulan. Cukup masuk di akal juga, karena golden garlic terjadi secara alami tanpa disengaja seperti garlic confit. Namun saya malah jadi penasaran juga untuk membuat garlic confit.


Posting Komentar untuk "Golden Garlic Memang Seistimewa Itu Lohhh"