Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WHAT KIND OF TOPIC WE HAVE TO DISCUS? Saat kita mengalami kebuntuan dalam berkarya

Pertama kali yang harus dipertimbangkan adalah apa topik yang paling kita minati. Menulis artikel ataupun tulisan apapun, kontinuitas penulisan akan sangat bergantung sekali dengan topik apa yang paling kita minati untuk dibicarakan. Jika kita menulis sesuatu hal yang kita sukai, maka proses penulisan akan berjalan dengan menyenangkan. Banyaknya poin-poin penulisan tidak membuat kita stress, justru semakin antusias untuk melanjutkan penulisan tersebut sampai tuntas. Menyenangkannya tidak hanya dalam proses penulisan, namun dalam proses sunting sampai selesai dan terbitlah tulisan itu.




Kedua adalah masalah kebutuhan pasar. Tentu kita ingin supaya tulisan kita dibaca oleh orang lain. Tanpa kita sadari kegiatan berbagi adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Namun apakah orang yang kita kasih informasi itu butuh dengan informasi yang kita akan bagi? Maka penting untuk melakukan riset pasar. Dengan melakukan riset, maka kita akan mengetahui apa yang paling dibutuhkan oleh pasar.

Dua poin di atas menjadi semacam trade-off. Kita harus balance antara keduanya. Asal menulis sesuatu yang kita mau, padahal pasar tidak suka. Terlalu mengikuti pasar, kitanya sendiri yang tertekan dan kemudian mandek. 

Lantas kita harus bagaimana?

Harus kita padukan antara keduanya. Kita tetap harus menulis apapun yang dikehendaki oleh pasar, namun dengan tambahan dan gaya berpikir kita, opini tambahan kita. Hal itu wajib untuk kita lakukan untuk membuat keberlangsungan kepenulisan kita. 

Saya mau mencoba ini sekali lagi. 


Posting Komentar untuk " WHAT KIND OF TOPIC WE HAVE TO DISCUS? Saat kita mengalami kebuntuan dalam berkarya"